Sport

My Sport Blog

Uncategorized

Strategi Memperoleh Cicilan Ringan saat Kredit Mobil

Banyak alasan mengapa kredit mobil adalah cara yang pas untuk memiliki mobil di kala pandemi. Tentu saja, memiliki mobil sendiri juga merupakan langkah bijak untuk terhindar dari kerumunan saat menggunakan kendaraan umum. Sayangnya, masih banyak orang yang khawatir akan terjebak dengan cicilan yang tinggi setiap bulannya. Tentu, ini tidak harus menjadi beban Anda. Kami akan mengupas strategi jitu memperoleh cicilan ringan sejak awal kredit mobil, seperti kredit brio.

1. Hanya Beli Mobil yang Sesuai Kebutuhan
Terkadang ada keinginan menggebu untuk membeli mobil dengan tipe terbaru meskipun Anda tidak akan banyak terdampak dengan keberadaan fitur-fitur yang ditawarkan. Apabila Anda tidak diposisi untuk menikmati mobil ‘nyaman’ secara finansial, sebaiknya jangan memasukkannya ke dalam daftar sejak awal. Fokus pada mobil yang irit bahan bakar dan awet mesinnya.

2. Bayar DP Sebesar Mungkin
Beberapa orang mampu membeli mobil secara tunai tetapi memilih jalur kredit karena ada banyak kesempatan yang lebih menarik dilakukan dengan uang mereka. Salah satunya berbisnis. Apabila Anda tidak berbisnis dan ada uang lebih, lebih baik bayar DP lebih untuk mengurangi bunga dari jumlah pinjaman.

3. Beli Saat Promo
Ada banyak jenis promo kredit mobil yang ditawarkan baik dari dealer maupun bank penyelenggara kredit/ multifinance, mulai dari potongan harga mobil, potongan DP, cashback, atau hadiah langsung. Yang paling sering adalah DP yang lebih ringan di akhir tahun. Anda bahkan dapat meminta bonus dari salespersontempat Anda membeli, berupa aksesoris mobil.

4. Pilih Tenor Terpanjang
Strategi ini hanya akan menjadi baik apabila Anda memang di dalam kondisi yang sangat membutuhkan mobil dengan pendapatan terbatas. Tentu tenor yang panjang akan berdampak pada bunga yang lebih tinggi. Jadi, terapkan strategi ini hanya dalam keadaan mendesak.

5. Survey Asuransi Sendiri
Kebanyakan dealer/jasa penyedia kredit akan langsung menunjuk satu perusahaan asuransi yang sudah menjadi rekanan mereka. Tetapi, hasil kerjasama ini tidak selalu menguntungkan konsumen. Lebih baik bersifat netral terhadap asuransi yang ditawarkan dan terbuka dengan opsi asuransi lain.

Itulah beberapa strategi yang dijamin mampu mengurangi cicilan bulanan yang harus Anda bayar. Tidak hanya itu, beberapa di antaranya juga mampu mempermudah pengajuan kredit mobil diterima.