Siapapun tentu ingin memiliki rumah sendiri. Kendalanya ada pada harga yang sangat mahal. Hal itu membuat beberapa orang memilih membeli rumah dengan cara kredit. Proses pengajuan kredit rumah di bank ini ternyata tidak gampang. Ada saja, yang pengajuannya itu justru ditolak oleh pihak bank dengan berbagai alasan. Lalu bagaimana tips supaya kredit rumah di bank bisa langsung disetujui? Di sini, ada beberapa tips yang bisa membuat anda lolos KPR yang harus anda perhatikan ketika akan mengajukan pinjaman untuk membeli rumah di Cimanggis. Apa saja? Ikuti tipsnya di sini.

Tidak dipungkiri bahwa memiliki rumah adalah impian semua orang. Sayangnya, harga rumah maupun properti ini tak pernah turun. Per tahunnya selalu mengalami kenaikan. Itu yang menyebabkan setiap orang yang ingin membeli rumah, mau tidak mau harus berhubungan dengan KPR. Dengan mengikuti program itu, maka anda akan mendapatkan kucuran dana  supaya bisa membeli rumah impian anda.

Permasalahan yang terjadi, tidak semua bank menyetujui atau menerima semua pengajuan KPR. Nah, bagaimana supaya permohonan KPR tersebut disetujui? Ini dia tips supaya lolos. 

KPR merupakan sebuah fasilitas yang diberikan oleh bank untuk memberikan pinjaman ketika akan membeli rumah, apartemen, serta jenis properti lainnya. Jaminannya, tentu properti yang akan anda beli tersebut. Supaya anda bisa mengambil KPR, tentunya harus membayar uang muka. Dengan begitu pembiayaan yang dilakukan oleh bank tidaklah seluruhnya. Nilai uang muka tersebut biasanya 10% dari harga rumah, dengan ketentuan minimum DP yang telah ditetapkan oleh BI. 

Tentu sebagai nasabah, anda harus mencicil peminjaman itu lewat angsuran per bulannya selama tenor dari masa hutang yang disepakati. Mengenai suku bunganya tentu telah ditentukan dengan skema-skema yang juga telah ditentukan. Ada bunga tetap serta floating yang pastinya mengikuti suku bunga pasar. 

Ada dua jenis KPR yang ditawarkan oleh bank, yaitu konvensional dan syariah. Masing-masing jenis itu memiliki keunggulan dan kelemahannya sendiri.  Bank tetap menetapkan sejumlah persyaratan mengenai KPR yang harus anda pahami ketika akan mengajukannya. 

Mengetahui persyaratannya ini sangat penting. Anda juga harus memahami bagaimana syarat dari rumah subsidi ketika akan mengajukan KPR rumah bersubsidi. Begitu pula dengan syarat rumah baru serta second yang juga syaratnya pun berbeda. 

Ingin cari rumah dekat tol Cimanggis? Ini permatacimanggis.com pasti cocok untuk kalian.

Banyak orang mengeluhkan, karena permohonan kredit rumah selalu ditolak bank. Ketika dilakukan pengecekan, ternyata beberapa syaratnya tidak memenuhi. Mereka yang ditolak pinjamannya karena tidak memahami penyebab bank tidak menyetujui permohonannya itu. Bila memahami, tentu mereka bisa mempersiapkan diri dengan lebih baik supaya pengajuannya segera disetujui. 

Poin-poin yang perlu diperhatikan untuk syarat KPR

Beberapa poin di bawah ini perlu anda perhatikan untuk proses pengajuan KPR anda. Poin-poin tersebut, di antaranya seperti berikut. 

  1. Usia pengajuan KPR

Pihak bank telah menetapkan syarat usia pengajuan KPR yang bisa mengajukan. Tentu untuk mengajukannya, anda harus berada dalam batasan usia tersebut. Bila usia anda di luar batasan itu, maka pihak  sudah pasti menolak pengajuannya. Pada umumnya, batasan usia pengambilan KPR dimulai dari usia 21 hingga 55 tahun.  Hal terpenting yang harus anda perhatikan yaitu batasan usia tertua ketika cicilan itu selesai. Itu berarti anda harus menambahkan usia sekarang dengan rencana tenor pinjaman untuk mendapatkan usia maksimum. 

Seperti misalnya, sekarang anda berusia 45 tahun dan anda mengambil KPR selama 15 tahun. Dengan begitu kemungkinan besar pengajuan anda untuk KPR akan ditolak karena melebihi usia maksimum. Supaya pengajuan anda bisa diterima, maka anda harus mengambil KPR selama maksimal 10 tahun.